01524 2200217 4500001002100000005001500021007000300036008004100039035002000080084001700100100002700117245010300144260004300247300003600290520086700326650002601193700002101219700001601240856003101256990001901287INLIS00000000000952620240424015908ta240424 g 0 ind  a0010-0424000010 a404 ADR 20230 aAdriana Novayanti Lake1 aPerancangan Aplikasi Peminjaman dan Pengembangan Buku pada Perpustakaan SMA Negeri 1 Pangkalpinang aPangkalpinang :bISB Atma Luhur,c2023 ax, 80 hlm :bIlus ;c21 x 29 cm aPerpustakaan adalah lembaga yang menyelenggarakan karya ilmiah untuk kebutuhan intelektual penggunanya, yaitu pendidikan, penelitian dan kebutuhan lainnya, penyimpanan dan proses. Selain memanfaatkan dunia akademik, sebaiknya perpustakaan memiliki fasilitas yang memudahkan petugas dan anggota untuk meminjam, mencari, dan mengembalikan buku. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang aplikasi perpustakaan berbasis android pada SMK Negeri 3 Pangkalpinang agar proses pencarian, peminjaman dan pengembalian buku dapat dilakukan lebih cepat. Metode yang dipakai dalam merancang sistem ini adalah UML (Unified Modeling Language). Sedangkan untuk metode pengembangan sistem menggunakan metode prototype. Sistem ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi staf untuk mengelola semua kegiatan perpustakaan dan memudahkan anggota mencari buku yang akan dipinjam. 4aAplikasi Perpustakaan0 aIrsad Dwi Sandro0 aSiti Rodiah arepository.atmaluhur.ac.id a11787/404/AL/H