01524 2200217 4500001002100000005001500021035002000036007000300056008004100059084001700100100002700117245010300144260004300247300003600290700001600326700002100342856003100363650002600394520086700420990001901287INLIS00000000000952620240424015908 a0010-0424000010ta240424 g 0 ind  a404 ADR 20230 aAdriana Novayanti Lake1 aPerancangan Aplikasi Peminjaman dan Pengembangan Buku pada Perpustakaan SMA Negeri 1 Pangkalpinang aPangkalpinang :bISB Atma Luhur,c2023 ax, 80 hlm :bIlus ;c21 x 29 cm0 aSiti Rodiah0 aIrsad Dwi Sandro arepository.atmaluhur.ac.id 4aAplikasi Perpustakaan aPerpustakaan adalah lembaga yang menyelenggarakan karya ilmiah untuk kebutuhan intelektual penggunanya, yaitu pendidikan, penelitian dan kebutuhan lainnya, penyimpanan dan proses. Selain memanfaatkan dunia akademik, sebaiknya perpustakaan memiliki fasilitas yang memudahkan petugas dan anggota untuk meminjam, mencari, dan mengembalikan buku. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang aplikasi perpustakaan berbasis android pada SMK Negeri 3 Pangkalpinang agar proses pencarian, peminjaman dan pengembalian buku dapat dilakukan lebih cepat. Metode yang dipakai dalam merancang sistem ini adalah UML (Unified Modeling Language). Sedangkan untuk metode pengembangan sistem menggunakan metode prototype. Sistem ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi staf untuk mengelola semua kegiatan perpustakaan dan memudahkan anggota mencari buku yang akan dipinjam. a11787/404/AL/H