01910 2200193 4500001002100000005001500021035002000036007000300056008004100059084001700100100002200117245010300139260004300242300003800285856003100323650004700354520129600401990001901697INLIS00000000000949220240326020330 a0010-0324000036ta240326 g 0 ind  a018 RIF 20240 aRifka Rahmatullah1 aPenerapan Customer Relationship Management (CRM) Di Ruang Pelayanan Perumda Air Minum Tirta Bangka aPangkalpinang :bISB Atma Luhur,c2024 aXII, 61 hlm :bIlus ;c21 x 29 cm arepository.atmaluhur.ac.id 4aPenerapan Customer Relationship Management aPERUMDAM Tirta Bangka yang terletak di Jl. PDAM Tirta Bangka No.001, Parit Padang, Sungailiat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. Disini penulis ditempatkan di ruang pelayanan bagian hubungan dan langganan (HUBLANG) yang menerima pengaduan pelanggan serta memberikan informasi kepada pelanggan yang berarti selalu berinteraksi dengan pelanggan. Dan tujuan peserta magang disini adalah untuk mempelajari cara penerapan Customer Relationship Management (CRM) seperti melakukan interaksi atau melayani pelanggan dengan baik dan ramah serta dengan kesabaran baik via telpon ataupun tatap muka langsung, penerapan selanjutnya adalah menyimpan data lengkap tentang semua pelanggan ke sistem yang bernama pass system, penerapan CRM lainnya dilayani via wa dan facebook PERUMDAM Tirta Bangka. Penerapan CRM yang dilakukan PERUMDAM Tirta Bangka tergolong masih kebanyakan manual atau konvensional, tetapi penerapan CRM PERUMDAM Tirta Bangka sudah baik sekali, sehingga peserta magang mendapatkan ilmu dan pengalaman yang sangat berarti. Selain bagi peserta magang, Perusahaan juga merasa terbantu dengan adanya program magang ini serta dapat menjalin kerjasama yang baik antara pihak Perusahaan Umum Daerah (PERUMDA) Air Minum Tirta Bangka dan pihak kampus peserta magang Institut Sains dan a11754/018/AL/H