02119 2200193 4500001002100000005001500021035002000036007000300056008003900059084001800098100002600116245011400142260004300256300003700299600001300336856003100349520152500380990002001905INLIS00000000000920720231023111629 a0010-1023000019ta231023 | | |  a1051 TEG 20230 aTegar Tara Alpin Dari1 aImplementasi Controller Capsman pada Jaringan Wireless di SMAN 1 Pangkalan Baru Berbasis Routerboard Mikrotik aPangkalpinang :bISB Atma Luhur,c2023 axi, 64 hlm :bIlus ;c21 x 29 cm 4aJaringan arepository.atmaluhur.ac.id aSMAN 1 Pangkalan baru merupakan salah satu instansi yang bergerak dalam dunia Pendidikan. Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat. Maka SMAN 1 pangkalan baru harus memiliki sebuah sistem jaringan yang baik dalam menunjang kegiatan belajar dan mengajar terutama pada jaringan wireless. Jaringan wireless merupakan jaringan yang dipilih karna dianggap lebih mudah dalam penerapannya. Namun yang terjadi pada jaringan yang ada di SMAN 1 pangkalan baru. Dengan banyaknya access point yang tersedia membuat admin jaringan menjadi kesulitan dalam memperbaiki ketika terjadi permasalahan pada access point sehingga akan memakan waktu yang sangat lama. Terutama pada saat penggunaan jaringan wireless secara bersamaan. Sehingga membuat terjadinya penumpukan pengguna pada titik akses yang disediakan. Maka untuk mengatasi permasalahan yang ada penulis menawarkan fitur capsman menggunakan routerboard mikrotik dalam mengatasi permasalahan tersebut. Capsman digunakan untuk membuat access point yang ada dapat terkontrol secara terpusat pada sebuah manager. Dalam penelitian juga menggunakan metode PPDIOO (prepare, plan, design, implement,operate dan optimize) untuk mempermudah dalam proses penelitian. Dengan didukung Teknik pengumpulan data seperti studi literatur, observasi dan wawancara. Sehingga hasil yang didapatkan sistem jaringan yang stabil serta dapat mempermudah admin dalam mengatasi permasalahan pada access point tanpa harus memeriksa nya satu persatu maka dapat melakukan perbaikan dengan lebih cepat. a11469/1051/AL/H