01649 2200217 4500001002100000005001500021035002000036007000300056008004100059084001700100100001800117245009800135260004300233300003800276700002500314700001900339520099900358600002401357856003101381990001901412INLIS00000000000904320230403100103 a0010-0423000009ta230403 g 0 ind  a483 DIT 20220 aDita Rahmanda1 aSistem Informasi Pelayanan Pelanggan Berbasis Website Di PDAM Tirta Pinang Kota Pangkalpinang aPangkalpinang :bISB Atma Luhur,c2022 axii, 63 hlm :bIlus ;c20 x 29 cm0 aRiski Tassyah Audifa0 aSalsabil Husna aPDAM merupakan badan usaha yang memiliki 2 fungsi, fungsi yang pertama berorientasi sosial yaitu pelayanan dalam bidang pelayanan kepada masyarakat secara maksimal dalam penyediaan air bersih untuk keperluan sehari-hari, dan profit oriented yaitu perusahaan yang beroperasi untuk menyediakan keuntungan yang maksimal sebagai sumber pendapatan daerah. PDAM ini sudah dituntut untuk menjalankan kedua fungsi tersebut. Bagian yang berperan dalam pencatatan calon pelanggan yang ingin berlangganan adalah bagian hubungan langganan yang diproses oleh petugas customer service, calon pelanggan yang ingin berlangganan akan mengisi formulir pendaftaran yang disediakan oleh petugas customer service. Permasalahan atau kendala yang ada saat ini adalah pada proses pendaftaran calon nasabah yang masih dilakukan secara manual yang rawan terjadi kesalahan dalam pendataan, serta lamanya proses pendataan yang harus ditindaklanjuti. Dengan hal tersebut maka dibangunlah suatu rancangan sistem berbasis web 4aPelayanan Pelanggan arepository.atmaluhur.ac.id a11272/483/AL/H