na INLIS000000000008991 20230328092845 0010-0323000018 ta 230328 g 0 ind 380 MEN 2022 Menno Andika Analisis Dan Perancangan Aplikasi Pengaduan Masyarakat Pada Kantor Desa Air Mesu Berbasis Android Pangkalpinang : ISB Atma Luhur, 2022 v, 105 hlm : Ilus ; 20 x 29 cm Maulan Iskandar Muhammad Sastra Kantor Desa Air Mesu mengalami kendala dalam memberikan pelayanan pengaduan masyarakat seperti : Kurangnya pelayanan yang dibutuhkan masyarakat. Orang yang ingin mengadu seringkali menghadapi kesulitan karena tidak tahu kemana harus mengadu. Untuk mengatasi masalah tersebut, telah dikembangkan aplikasi layanan pengaduan bass untuk Android. Oleh karena itu, pemerintah memerlukan strategi pengelolaan keluhan yang memudahkan warga untuk melaporkan keluhan. Aplikasi Android ini dapat digunakan oleh pengguna umum untuk menyediakan layanan pengaduan online. Aplikasi tersebut juga memudahkan pihak berwenang untuk mengajukan pengaduan sebagai tanggapan atas pengaduan masyarakat. URI Pengaduan Masyarakat repository.atmaluhur.ac.id 11220/380/AL/H