01338 2200217 4500001002100000005001500021035002000036007000300056008004100059084001700100100001700117245010200134260004300236300003700279700002000316700002000336520068900356600002501045856003101070990001901101INLIS00000000000899120230328092845 a0010-0323000018ta230328 g 0 ind  a380 MEN 20220 aMenno Andika1 aAnalisis Dan Perancangan Aplikasi Pengaduan Masyarakat Pada Kantor Desa Air Mesu Berbasis Android aPangkalpinang :bISB Atma Luhur,c2022 av, 105 hlm :bIlus ;c20 x 29 cm0 aMaulan Iskandar0 aMuhammad Sastra aKantor Desa Air Mesu mengalami kendala dalam memberikan pelayanan pengaduan masyarakat seperti : Kurangnya pelayanan yang dibutuhkan masyarakat. Orang yang ingin mengadu seringkali menghadapi kesulitan karena tidak tahu kemana harus mengadu. Untuk mengatasi masalah tersebut, telah dikembangkan aplikasi layanan pengaduan bass untuk Android. Oleh karena itu, pemerintah memerlukan strategi pengelolaan keluhan yang memudahkan warga untuk melaporkan keluhan. Aplikasi Android ini dapat digunakan oleh pengguna umum untuk menyediakan layanan pengaduan online. Aplikasi tersebut juga memudahkan pihak berwenang untuk mengajukan pengaduan sebagai tanggapan atas pengaduan masyarakat. URI 4aPengaduan Masyarakat arepository.atmaluhur.ac.id a11220/380/AL/H