01510 2200217 4500001002100000005001500021035002000036007000300056008004100059084001700100100001800117245010000135260004300235300003900278700001000317700002200327856003100349520086700380650002601247990001901273INLIS00000000000898620230327025053 a0010-0323000013ta230327 g 0 ind  a375 HAI 20220 aHairil Candra1 aAnalisis dan Perancangan Aplikasi Perpustakaan Berbasis Android Pada SMK Negeri 3 Pangkalpinang aPangkalpinang :bISB Atma Luhur,c2022 axvii, 73 hlm :bIlus ;c20 x 29 cm0 aPandy0 aThoriq Noviansyah arepository.atmaluhur.ac.id aPerpustakaan adalah lembaga yang menyelenggarakan karya ilmiah untuk kebutuhan intelektual penggunanya, yaitu pendidikan, penelitian dan kebutuhan lainnya, penyimpanan dan proses. Selain memanfaatkan dunia akademik, sebaiknya perpustakaan memiliki fasilitas yang memudahkan petugas dan anggota untuk meminjam, mencari, dan mengembalikan buku. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang aplikasi perpustakaan berbasis android pada SMK Negeri 3 Pangkalpinang agar proses pencarian, peminjaman dan pengembalian buku dapat dilakukan lebih cepat. Metode yang dipakai dalam merancang sistem ini adalah UML (Unified Modeling Language). Sedangkan untuk metode pengembangan sistem menggunakan metode prototype. Sistem ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi staf untuk mengelola semua kegiatan perpustakaan dan memudahkan anggota mencari buku yang akan dipinjam. 4aAplikasi Perpustakaan a11215/375/AL/H