Aplikasi Pengaduan Aspirasi Masyarakat Berbasis Android di Kantor Desa Dwi Makmur Sylvia Restu Pratiwi text Pangkalpinang ISB Atma Luhur 2021
text
regular print
xv, 93 hlm : Ilus ; 21 x 29 cm
Pada saat ini, proses pengelolaan data pengaduan di Kantor Desa Dwi Makmur belum terkomputerisasi sehingga terdapat beberapa kekurangan seperti laporan pengaduan terkadang rusak atau hilang dan juga sulit untuk ditemukan apabila sewaktu-waktu diperlukan kembali. Selain itu tidak efektifnya penggunaan alat tulis untuk membuat surat pengaduan. Penyampaian informasi kepada warga Desa Dwi Makmur pada saat ini juga masih menggunakan cara yang kurang efisien dengan menggunakan pengeras suara. Untuk mengatasi permasalahan ini, akan dibuatkan aplikasi Android yang dapat digunakan untuk membuat pengaduan, menyampaikan aspirasi, melihat dan menyampaikan informasi. Model, metode, dan tools pengembangan perangkat lunak yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model prototype, metode Object Oriented Analysis and Design (OOAD), dan Unified Modeling Language (UML). Aplikasi yang dibangun dapat menjadikan layanan pengaduan dan penyampaian informasi sekaligus menerima aspirasi serta saran di Desa Dwi Makmur menjadi lebih efektif, efisien, dan mudah. Layanan Pengaduan 857 SYL 2021 211101 20211101091557 INLIS000000000008255 Converted from MARCXML to MODS version 3.5 using MARC21slim2MODS3-5.xsl (Revision 1.106 2014/12/19)