Penerapan Algoritma Fisher -Yates Shuffle Pada Aplikasi Soal Latihan Siswa Kelas X Teknik Komputer Jaringan SMKN 1 Pangkalpinang Baru Berbasis Android Jeffri Febriansyah text Pangkalpinang : ISB Atma Luhur, 2020 | Aplikasi Android menjadi solusi yang dapat membantu mengatasi masalah yang ada berkat berbagai kelebihan yang dimilikinya. Model penelitian dan metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah model prototype dan metode Object Oriented Programming (OOP). Alat bantu pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah Unified Modeling Language (UML). Aplikasi Android yang dibuat memiliki 50 soal latihan TKJ dimana algoritma fisher yates shuffle digunakan untuk mengacak urutan tampil 50 soal tersebut. Selain itu, kemunculan soal latihan pada aplikasi menjadi acak berkat algoritma fisher yates shuffle. Pengujian dilakukan terhadap 10 orang responden berupa siswa kelas X SMKN 1 Pangkalanbaru jurusan TKJ. Hasil pengujian pengacakan soal terhadap 3 soal yang tampil ke responden menghasilkan kesimpulan algoritma Fisher-Yates Shuffle memiliki tingkat keberhasilan 87% dalam mengacak urutan soal yang ditampilkan ke responden. Sedangkan, hasil pengujian kepuasan pengguna aplikasi, menunjukkan 89% responden sangat puas dan puas terhadap aplikasi. Soal latihan