01485 2200193 4500001002100000005001500021035002000036007000300056008004100059084001700100100001800117245011600135260004300251300003800294520088800332600002101220856003101241990001901272INLIS00000000000711620210121030233 a0010-0121000203ta210121 0  a761 HER 20200 aHeri Kiswanto1 aPenerapan Aplikasi Layanan Pengaduan Masyarakat Dan Layanan Informasi Di Kantor Desa Bedengung Berbasis Android aPangkalpinang :bISB Atma Luhur,c2020 axii, 93 hlm :bIlus ;c20 x 29 cm aDalam hal ini peneliti mengambil studi kasus di desa bedengung dimana masyarakat sulit untuk menyampaikan keluhan yang ada dilingkungannya kepada pihak pemerintah terkait. Serta masyarakat yang tidak paham sering menyampaikan keluhan yang dirasakannya ke tempat yang tidak tepat. dalam hal ini penulis melakukan penelitian tentang penyampaian permasalahan atau keluhan yang terjadi pada masyarakat desa bedengung yang kurang tersalurkan. dengan demikian dibutuhkan sebuah aplikasi layanan pengaduan masyarakat dan layanan informasi untuk memudahkan masyarakat dalam menyampaikannya. Metode yang digunakan dalam aplikasi pengaduan ini adalah model Prototyping. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi layanan pengaduan masyarakat di desa bedengung berbasis android yang membantu memberikan informasi yang efektif dan megurangi kesalahan dalam proses penanganan pengaduan masyarakat. 4aAplikasi Layanan arepository.atmaluhur.ac.id a10290/761/AL/H