01671 2200193 4500001002100000005001500021035002000036007000300056008003900059100001600098245012600114260004300240300003700283856003100320084001700351650002200368520106800390990001901458INLIS00000000000708420210121100530 a0010-0121000171ta210121 | | | 0 aPebriansyah1 aAplikasi Augmented Reality Media Pembelajaran Pengenalan Gambar Tokoh Pahlawan Nasional pada Uang Kertas Berbasis Android aPangkalpinang :bISB Atma Luhur,c2020 axv, 59 hlm :bIlus ;c20 x 29 cm arepository.atmaluhur.ac.id a729 PEB 2020 4aPengenalan Gambar aKebanyakan masyarakat maupun pelajar yang tidak mengetahui sejarah perjuangan para pahlawan nasional yang ada pada uang kertas Indonesia saat ini. Dengan hal tersebut penulis ingin menyajikan suatu aplikasi dengan menampilkan objek 3D yang menceritakan masing-masing sejarah pahlawan nasional yang ada pada uang kertas Indonesia dalam bentuk augmented reality dengan memanfaatkan smartphone android dan untuk uang kertas sebagai marker. Dalam pembangunan aplikasi ini, menggunakan model Multimedia Development Life Cycle. Metodologi pengembangan menggunakan pemrograman berorientasi objek. Dan tools UML, usecase diagram, activity diagram, sequence diagram dan dibantu oleh vuforia unity. Hanya bermodal smartphone android dan marker uang kertas Indonesia, pengguna hanya menjalankan aplikasi dengan menyorotkan kamera smartphone ke uang kertas yang dimiliki akan muncul video uang berbicara yang disorotkan dengan marker uang tersebut. Hasil perancangan dan pembangunan aplikasi ini memberikan kemudahan dalam mempelajari pengenalan tokoh pahlawan bagi pengguna. a10258/729/AL/H