Rancangan Aplikasi Perpustakaan SD Pembinaan Pangkalpinang Berbasis Android
Masitoh
Anita
text
Pangkal Pinang : STMIK Atma Luhur,
2019
ind
Dalam kasus siswa sekolah dasar (SD) motivasi dalam memanfaatkan perpustakaan seringkali timbul karena pengaruh atau kendali lingkungan sekitar seperti pustakawan, guru, orang tua, teman,kondisi gedung dan koleksi perpustakaan, maupun faktor lainnya. Penguat-penguat seperti reward, pujian, sikap yang ramah, dukungan,maupun pemberian tugas seringkali menjadi stimulus yang melatarbelakangi mereka dalam datang memanfaatkan perpustakaan. Peneliti ingin mengetahui bagaimana memotivasi siswa SD dalam memanfaatkan perpustakaan sekolah yang dilator belakangi oleh penguatan dari agen-agen pengendali tersebut. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui metode survey dan wawancara kecil dengan para petugas perpustakaan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa penguat positif dengan angka signifikan dalam memanfaatkan pe rpustakaan sekolah datang dari ajakan teman, kedua dari guru, dari orang tua, dari fasilitas perpustakaan dan terakhir adalah dari pustakawan.
Aplikasi Perpustakaan