01850 2200205 4500001002100000005001500021035002000036007000300056008003900059084001700098100001200115245009900127260004500226300003600271856003100307650000900338520125700347990002001604990002001624INLIS00000000000530820190930021606 a0010-0919000129ta190930 | | |  a697 AND 20190 aAndrian1 aImplementasi Algoritma Collision Detection Pada Game TPS Berbasis Android Menggunakan Unity 3D aPangkalpinang :bSTMIK Atma Luhur,c2019 axiv, 55 hlm :bIlus ;c21x29 cm arepository.atmaluhur.ac.id 4aGame aGame TPS (Third Person Shooter) adalah genre game shooter, dimana karakter yang dikendalikan pemain terlihat di layar dan gameplay utamanya terdiri dari pengambilan gambar karakter, dan game ini dirancang agar bisa berjalan di platform Android. Pergerakan karakter musuh di suatu game sangat erat kaitannya dengan kecerdasan buatan Artificial Intelligence (AI) yang membuat musuh seolah-olah hidup. Algoritma collision detection adalah sebuah metode pendeteksian ketika dua objek atau lebih yang saling bertabrakan dan akan menimbulkan sebuah reaksi. Metode ini untuk perancangan sebuah game FPS (First Person Shooter), ketika karakter melakukan serangan ke karakter lain maka akan mendapatkan sebuah reaksi pada karakter tersebut. Model, metode, dan tool pengembangan perangkat lunak yang digunakan dalam penelitian ini berturut-turut adalah model prototype, metode berorientasi objek, dan UML (Unified Modelling Languange). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa collision detection sangat penting dalam sebuah game karena tanpa adanya collision detection (deteksi tubrukan/tabrakan) maka satu objek dengan objek lainnya akan saling berpapasan dan bertubrukan, selain itu dengan adanya collision detection maka game tampak lebih realistis. a09462/697/SAL/H a09462/697/SAL/H