01657 2200205 4500001002100000005001500021035002000036007000300056008003900059084001700098100002100115245010000136260004500236300003600281856003100317650002300348520103900371600002201410990001901432INLIS00000000000525920190930010838 a0010-0919000080ta190930 | | |  a648 LEO 20190 aLeonardo Gunawan1 aPenerapan Algoritma Minimax Dan Alpha-Beta Pruning Pada Permainan Connect Four Berbasis Android aPangkalpinang :bSTMIK Atma Luhur,c2019 axiv, 66 hlm :bIlus ;c21x29 cm arepository.atmaluhur.ac.id 4aAplikasi Permainan aPada permainan Connect Four, pemain akan berlomba untuk menghubungkan empat buah piringan dengan warna yang sama baik secara vertikal, horizontal, maupun diagonal. Pada penelitian ini, algoritma Minimax dan Alpha-Beta Pruning diterapkan pada Artificial Intelligence (AI) untuk menjadi lawan tanding pemain dalam permainan Connect Four. Minimax digunakan untuk mengkalkulasikan langkah terbaik bagi AI, sedangkan Alpha-Beta Pruning digunakan untuk memangkas kemungkinan node yang tidak mengandung langkah terbaik pada pohon permainan. Penelitian ini menggunakan model Waterfall, metode pemrograman berbasis objek, dan alat bantu UML dalam pemodelan sistem. Berdasarkan hasil pengujian fungsionalitas aplikasi yang dilakukan 5 orang responden, tingkat keberhasilan aplikasi sebesar 100% dan berjalan dengan baik pada perangkat milik responden. Hasil akhir permainan menunjukkan bahwa pemain rata-rata memiliki tingkat kemenangan 100% pada tingkat kesulitan mudah, 80% pada tingkat kesulitan normal, dan 20% pada tingkat kesulitan sulit. 4akecerdasan buatan a9413/648/SAL/H