01683 2200205 4500001002100000005001500021035002000036007000300056008003900059084001700098100001700115245007500132260004500207300003600252856003100288650002100319520109600340600002201436990001901458INLIS00000000000525820190930010817 a0010-0919000079ta190930 | | |  a647 FEL 20190 aFelix Aditya1 aPenerapan Algoritma Backtraking Pada Permainan Sudoku Berbasis Android aPangkalpinang :bSTMIK Atma Luhur,c2019 axiv, 71 hlm :bIlus ;c21x29 cm arepository.atmaluhur.ac.id 4aPermainan sudoku aTujuan dari permainan ini adalah mengisi semua grid dengan angka yang tersedia, dengan ketentuan angka pada setiap baris dan kolom hanya muncul satu kali. Penelitian ini mengimplementasikan algoritma Backtracking untuk membangkitkan angka awal pada permainan Sudoku sehingga memenuhi tujuan permainan. Algoritma Backtracking dipilih karena kecepatannya dalam penentuan angka-angka yang dibangkitkan. Metodologi pada penelitian ini menggunakan model Waterfall, metode pengembangan berorientasi objek, dan UML sebagai alat bantu pengembangan sistem. Berdasarkan pengujian fungsionalitas aplikasi yang dilakukan terhadap 5 orang responden, diperoleh tingkat keberhasilan aplikasi sebesar 100%. Sedangkan, dari hasil pengujian permainan, sebanyak 5 orang responden dapat menyelesaikan permainan pada level easy dan normal, 3 orang responden dapat menyelesaikan permainan pada level hard, dan sayangnya tidak ada responden yang dapat menyelesaikan permainan pada level extreme. Hal ini menunjukkan bahwa angka yang dibangkitkan pada tiap level, membuat pemain lebih sulit menyelesaikan permainan. 4akecerdasan buatan a9412/647/SAL/H