Perancangan Aplikasi Penjualan Menggunakan Algoritma Apriori Studi Kasus Toko Star Lotus Gita Sefcia text Pangkalpinang STMIK Atma Luhur 2018 ind
text
regular print
58 hlm : Ilus ; 21x29 cm
Sehubungan dengan itu Toko Star Lotus harus memberikan kenyamanan dalam berbelanja, terutama dalam memberikan kemudahan untuk memilih barang belanjaan yang diinginkan kosumen. Dalam peletakan barang di dalam rak dapat diambil dari data transaksi penjualan produk, namun Toko Star Lotus belum memanfaatkan data transaksi tersebut untuk diolah menjadi knowledge yang dapat menaikkan laba bisnisnya dengan peletakan barang di rak yang lebih optimal. Model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model waterfall, metode yang digunakan yaitu metode OOP sedangkan tools yang digunakan yaitu UML untuk merancang sistem. Metode yang digunakan untuk menganalisis pola perilaku belanja konsumen adalah Market Basket Analysis (MBA). Analisis ini merupakan salah satu metode dalam penambangan data (data mining) yang bertujuan untuk menemukan produk yang sering dibeli bersamaan dari data transaksi. Metode analisa pola perilaku belanja MBA menggunakan bantuan algoritma apriori, yang merupakan algoritma MBA yang digunakan untuk menghasilkan association rule, dengan pola “if then ”. Hasil dari penelitian ini yaitu didapatkannya kombinasi dari transaksi penjualan untuk memaksimalkan peletakan barang dan strategi marketing. Aplikasi Penjualan 252 GIT 2018 191015 20191015010924 INLIS000000000004984 Converted from MARCXML to MODS version 3.5 using MARC21slim2MODS3-5.xsl (Revision 1.106 2014/12/19)