na INLIS000000000004984 20191015010924 0010-0119000238 ta 191015 g 0 ind 252 GIT 2018 Gita Sefcia Perancangan Aplikasi Penjualan Menggunakan Algoritma Apriori Studi Kasus Toko Star Lotus Pangkalpinang : STMIK Atma Luhur, 2018 58 hlm : Ilus ; 21x29 cm Aplikasi Penjualan Nofriatna Sagita Riansyah Juni Kartika repository.atmaluhur.ac.id Sehubungan dengan itu Toko Star Lotus harus memberikan kenyamanan dalam berbelanja, terutama dalam memberikan kemudahan untuk memilih barang belanjaan yang diinginkan kosumen. Dalam peletakan barang di dalam rak dapat diambil dari data transaksi penjualan produk, namun Toko Star Lotus belum memanfaatkan data transaksi tersebut untuk diolah menjadi knowledge yang dapat menaikkan laba bisnisnya dengan peletakan barang di rak yang lebih optimal. Model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model waterfall, metode yang digunakan yaitu metode OOP sedangkan tools yang digunakan yaitu UML untuk merancang sistem. Metode yang digunakan untuk menganalisis pola perilaku belanja konsumen adalah Market Basket Analysis (MBA). Analisis ini merupakan salah satu metode dalam penambangan data (data mining) yang bertujuan untuk menemukan produk yang sering dibeli bersamaan dari data transaksi. Metode analisa pola perilaku belanja MBA menggunakan bantuan algoritma apriori, yang merupakan algoritma MBA yang digunakan untuk menghasilkan association rule, dengan pola “if then ”. Hasil dari penelitian ini yaitu didapatkannya kombinasi dari transaksi penjualan untuk memaksimalkan peletakan barang dan strategi marketing. 09061/252/SAL/H