01605 2200217 4500001002100000005001500021035002000036007000300056008004100059084001700100100001000117245008700127260004500214300003100259650003100290700001600321700001500337856003100352520098400383990002001367INLIS00000000000489820191015020338 a0010-0119000152ta191015 g 0 ind  a258 AIL 20180 aAilen1 aRancangan Sistem Informasi Pencatatan Keluhan Layanan IT Pada BSI STMIK Atma Luhur aPangkalpinang :bSTMIK Atma Luhur,c2018 a96 hlm :bIlus ;c21x29 cm 4aPencatatan Keluhan Layanan0 aDella Nigia0 aNurhamimah arepository.atmaluhur.ac.id aBagian Sistem Informasi (BSI) STMIK Atma Luhur dengan tugas utama mengelola dan mengembangkan sistem informasi dalam menunjang pelayanannya menyediakan sebuah group Whatsapp dengan nama Layanan IT AL. Sayangnya, cara seperti ini dianggap kurang efektif dan efisien, mengingat BSI akan kesulitan dalam mengetahui berapa banyak keluhan yang dilakukan suatu bagian dalam waktu tertentu terhadap layanan IT di STMIK Atma Luhur. Kami mengadakan observasi ke BSI untuk mendapatkan data yang diperlukan serta mengetahui proses bisnis dari layanan IT yang dimaksud. Memanfaatkan model Waterfall, penelitian ini bertujuan membuat rancangan sistem informasi pencatatan keluhan layanan IT pada BSI STMIK Luhur. Dalam memodelkan perangkat lunak, kami menggunakan UML yang terdiri dari Activity diagram, Use Case diagram, Class diagram, Sequence diagram, dan Package diagram. Penelitian kami berhasil membuat rancangan sistem informasi pencatatan keluhan layanan IT pada BSI STMIK Atma Luhur. a08975/258/SAL/H