01688 2200193 4500001002100000005001500021035002000036007000300056008003900059084001700098100002100115245013300136260004300269300004100312856003100353650002300384520106900407990001801476INLIS00000000000979620241211092821 a0010-1224000164ta241211 | | |  a041 YOG 20240 aYogi Oktriansyah1 aRancang Bangun Aplikasi Media Pembelajaran dan Kuis Ilmu Komputer dan Jaringan Kelas XII di SMK Negeri 1 Muntok Berbasis Android aPangkalpinang :bISB Atma Luhur,c2024 axviii, 85 hlm :bIlus ;c20 x 29 hlm arepository.atmaluhur.ac.id 4aMedia Pembelajaran aPerkembangan teknologi kini mempengaruhi dunia pendidikan, termasuk di SMK Negeri 1 Muntok yang telah mengintegrasikan teknologi khususnya dalam jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Teknologi bertujuan meningkatkan kualitas pembelajaran dengan akses yang lebih fleksibel, salah satunya adalah penggunaan internet untuk mengakses konten pembelajaran. Menurut laporan We Are Social dan Hootsuite (Digital 2024: Global Overview Report), 64,4% populasi dunia menggunakan internet, dengan lebih dari 40% untuk pendidikan daring. Di Indonesia, laporan APJII 2023 mencatat penetrasi internet mencapai 78,2%, dan 53% pelajar memanfaatkannya untuk belajar. Untuk mendukung hal ini, dibuatlah aplikasi media pembelajaran berbasis Android untuk mata pelajaran ilmu komputer dan jaringan di kelas XII SMK Negeri 1 Muntok. Metode pengembangan yang digunakan adalah Object Oriented Programming (OOP) dengan model prototype dan alat bantu Unifield Modelling Language (UML). Hasil dari aplikasi ini telah berhasil meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam proses pembelajaran. a9643/041/AL/H