01896 2200193 4500001002100000005001500021035002000036007000300056008003900059084001700098100002300115245007600138260004300214300003700257856003100294650002600325520133300351990001801684INLIS00000000000979120241210013255 a0010-1224000159ta241210 | | |  a036 DWI 20240 aDwi Zahran Fadilah1 aRancang Bangun Aplikasi Virtual Tour 3D Museum Timah Kota Pangkalpinang aPangkalpinang :bISB Atma Luhur,c2024 axv, 95 hlm :bIlus ;c21 x 28 cm arepository.atmaluhur.ac.id 4aAplikasi Virtual Tour aWalaupun teknologi terkesan canggih, masih ada informasi yang belum sepenuhnya dijangkau, baik secara digital maupun non-digital. Hal ini mengharuskan orang-orang untuk mengunjungi tempat tersebut, namun beberapa orang memiliki keterbatasan waktu, transportasi, dan jarak, sehingga kunjungan langsung sulit dilakukan. Inovasi terus berkembang, salah satunya adalah aplikasi virtual tour yang memungkinkan orang mengakses tempat secara virtual dari jarak jauh. Tempat penelitian pada Museum Timah Indonesia di Pangkalpinang. Pembuatan aplikasi menggunakan Autodesk Maya untuk model 3D dan Unity untuk menjalankannya di platform Android. Metode pengembangan yang digunakan adalah agile scrum dengan data kuesioner review aplikasi yang bersifat kuantitatif. Museum Timah Indonesia masih kurang menariknya informasi budaya yang dipaparkan, kurangnya sentuhan teknologi promosi dan memiliki keterbatasan pemandu, sehingga tur tidak berjalan efisien. Oleh karena itu, dibuatlah aplikasi virtual tour 3D Museum Timah yang diharapkan dapat meningkatkan promosi dan aktivitas di museum. Dengan adanya aplikasi ini, Museum Timah Indonesia dapat lebih mudah diakses secara virtual sehingga dikenal oleh calon pengunjung dari berbagai lokasi, meningkatkan daya tarik dan interaksi pengunjung dengan koleksi dan informasi yang ada di museum. a9638/036/AL/H