Aplikasi Layanan Pengaduan Keberhasilan Kota Pangkalpinang di Dinas Lingkungan Hidup Berbasis Android Dhea Junikasari text ISB Atma Luhur 2024
text
regular print
xiii, 113 hlm : Ilus ; 21 x 28 cm
Dinas Lingkungan Hidup yang bergerak di bidang pengelolaan lingkungan saat ini menggunakan sistem pelaporan manual, di mana masyarakat harus mengisi formulir secara langsung dan menyerahkannya kepada petugas. Namun, sistem ini memiliki kelemahan, yaitu lambatnya proses pelaporan dan pengolahan data, yang mengakibatkan keterlambatan dalam penanganan masalah kebersihan. Untuk mengatasi hal tersebut,, dikembangkan sebuah aplikasi pengaduan kebersihan berbasis Android yang memungkinkan masyarakat melaporkan masalah kebersihan secara online. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur-fitur utama seperti upload gambar laporan dan umpan balik, sehingga mempermudah pelapor dalam memberikan informasi dan memungkinkan Dinas Lingkungan Hidup untuk merespons dengan cepat. Pengembangan aplikasi ini menggunakan model prototype yang melibatkan tahapan pengumpulan kebutuhan dan analisis sistem, pemodelan perancangan secara cepat, pembentukan prototype, evaluasi prototype, perubahan prototype, dan penggunaan sistem. Metode pendekatan Pemrograman Berorientasi Objek dan penggunaan Unified Modeling Language dalam pemodelan sistem membantu dalam proses analisis dan desain aplikasi. Aplikasi pengaduan kebersihan yang dibuat mampu meningkatkan efisiensi layanan, mempercepat respons terhadap pengaduan, dan mendorong partisipasi masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan Kota Pangkalpinang. Aplikasi pengaduan 021 DHE 2024 241210 20241210100306 INLIS000000000009776 Converted from MARCXML to MODS version 3.5 using MARC21slim2MODS3-5.xsl (Revision 1.106 2014/12/19)