Implementasi Aplikasi Layanan Masyarakat pada Kantor Kelurahan Bukit Ketok Berbasis Android Nurul Octari text Pangkalpinang 2024
text
regular print
xv, 134 hlm : Ilus ; 21 x 28 cm
Teknologi telah mempengaruhi layanan di Kantor Kelurahan Bukit Ketok, Belinyu yang masih menggunakan pencatatan manual. Ini menyebabkan ketidakefisienan, kesalahan informasi, dan kerusakan dokumen. Penelitian ini mengusulkan aplikasi Layanan Masyarakat berbasis Android untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas layanan publik. Aplikasi ini memungkinkan masyarakat mengakses informasi, mengajukan permohonan, dan pengaduan secara online. Menggunakan pendekatan Object Oriented Programming (OOP) dan Unified Modeling Language (UML), aplikasi dikembangkan dengan Android Studio, Java, dan XAMPP untuk server serta MySQL untuk basis data. Penelitian menghasilkan aplikasi mobile yang efektif dalam mempermudah akses informasi dan menyederhanakan proses layanan masyarakat di Kantor Kelurahan Bukit Ketok. Aplikasi layanan 020 NUR 2024 241210 20241210100206 INLIS000000000009775 Converted from MARCXML to MODS version 3.5 using MARC21slim2MODS3-5.xsl (Revision 1.106 2014/12/19)