Implementasi Sistem Layanan Pengaduan Masyarakat Berbasis Android pada Kecamatan Girimaya Gestie Ratu text Pangkalpinang ISB Atma Luhur 2024
text
regular print
xiii, 92 hlm : Ilus ; 21 x 28 cm
Sampai saat ini pelayanan pengaduan di Girimaya masih dilakukan secara manual dengan datang ke kantor kecamatan untuk melaporkan pengaduan. Sistem tersebut tidaklah efisien karena membutuhkan waktu yang cukup lama untuk datang ke kantor kemudian mengikuti prosedur-prosedur yang terlalu banyak. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dikembangkan aplikasi pelayanan pengaduan berbasis Android. Android dipilih karena popularitasnya dan banyak pengguna yang menggunakannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model prototype, dan UML sebagai alat bantu perancangan sistem. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Proses pembuatan aplikasi dilakukan menggunakan Android Studio dengan bahasa pemrograman java, sementara untuk halaman administrator menggunakan bahasa pemrograman PHP. Implementasi ini dapat mempermudah proses pengaduan. Hasil dari penelitian ini menghasilkan aplikasi pengaduan berbasis android yang meningkatkan kualitas pelayanan dan mempermudah proses pangaduan. Layanan Pengaduan 018 GES 2024 241209 20241209032037 INLIS000000000009773 Converted from MARCXML to MODS version 3.5 using MARC21slim2MODS3-5.xsl (Revision 1.106 2014/12/19)